Cara Efektif Mengurangi Penuaan Dini Pada Wajah - Farmanina

Cara Efektif Mengurangi Penuaan Dini Pada Wajah

Cara Efektif Mengurangi Penuaan Dini Pada Wajah – Ada banyak sekali hal yang membuat seseorang tampak terlihat lebih tua dari usia yang sebenarnya. Entah itu karena sifatnya yang mudah tersulut emosi, faktor genetik, atau karena gaya hidup yang kurang sehat.

Cara Efektif Mengurangi Penuaan Dini Pada Wajah

Bagi kaum wanita, mengalami penuaan dini terutama di bagian wajah tentu sangat meresahkan. Apalagi jika proses penuaan tersebut terjadi lebih cepat dari yang seharusnya. Itu sebabnya tidak sedikit yang berusaha untuk menghilangkan keriput atau kerutan halus pada wajah dengan berbagai cara, diantaranya adalah sebagai berikut:

Jaga Pola Makan
Makanan menjadi salah satu sumber pemicu munculnya kerutan, garis halus, dan kulit yang mengendur pada bagian wajah dan kulit. Hal ini terjadi karena konsumsi gula yang tinggi hingga membuat tingkat kolagen mengalami penurunan.

Untuk itu, Anda harus menjaga pola makan seperti, menghindari konsumsi garam dan gula secara berlebihan. Selain itu, Anda juga harus lebih sering konsumsi buah dan sayur segar serta menghindari makanan yang mengandung banyak MSG.

Minum Air Putih
Selain makanan, terlalu sering mengkonsumsi minuman bersoda dan alkohol juga tidak baik bagi kesehatan dan mempercepat proses penuaan dini pada tubuh Anda. Itu sebabnya, banyak yang menyarankan untuk minum air putih minimal 8 gelas atau 2 liter setiap hari. Ini dimaksudkan agar tubuh tidak mengalami dehidrasi karena kurangnya asupan cairan tubuh.

Kurangi stres dengan Rekreasi
Munculnya rasa stres akibat tekanan pekerjaan atau kondisi di rumah bisa membuat Anda mengalami penuaan dini pada wajah. walau tidak bisa dicegah, tapi Anda bisa mengelolanya dengan baik. Salah satu cara paling jitu adalah dengan rekreasi bersama teman atau keluarga.

Baca Juga :  Makanan Pencegah Penuaan Dini

Tidak perlu mahal atau harus keluar kota, Anda bisa menghibur diri atau melakukan rekreasi sederhana yang murah meriah. Contohnya adalah dengan membaca buku atau novel kesayangan, menonton film secara maraton di kamar, dan melakukan perawatan seperti creambath atau body scrub di rumah.

Konsumsi Suplemen
Cara mengatasi penuaan dini yang juga ampuh adalah dengan mengkonsumsi suplemen yang baik untuk kesehatan kulit. Misalnya suplemen yang mengandung vitamin E dan kandungan lemak omega-3 yang mampu menjaga kelembaban kulit dan mencegah timbulnya kerutan, garis halus, hingga keriput pada wajah.

Cukup Tidur
Agar tubuh tetap bugar dan sehat adalah memenuhi kebutuhan waktu tidur yang cukup. Jika tidak, Anda akan merasa cepat lelah, tidak bisa konsentrasi, dan kulit wajah menjadi kusam. Tidak hanya itu, posisi tidur yang kurang baik juga bisa menimbulkan garis halus pada wajah.

Posisi paling aman saat tidur untuk menghindari keriput adalah terlentang. Jika merasa kurang nyaman dengan posisi ini, maka Anda bisa menggunakan sprei dan sarung bantal yang berbahan lembut seperti satin untuk mengurangi resiko munculnya penuaan dini pada wajah.

Rajin Olahraga
Dengan melakukan olahraga, walau yang ringan sekalipun bisa membuat sirkulasi darah menjadi lancar sehingga pendistribusian oksigen dan nutrisi pun tidak terhambat.

Perawatan Kulit ke Dokter
Cara terakhir yang bisa dilakukan agar wajah terlihat sehat dan awet muda adalah dengan melakukan perawatan ke dokter kulit. Anda bisa melakukan perawatan laser wajah, totok wajah, peeling wajah, dermabrasi, mikrodermabrasi, dan berbagai perawatan kulit lainnya untuk mengurangi penuaan dini.

Adanya perasaan ingin selalu tampil muda dan cantik membuat sebagian besar kaum hawa berusaha untuk mengatasi penuaan dini pada wajah, baik secara alami, herbal maupun medis. Untuk hasil yang terbaik, Anda bisa mengkombinasikannya dengan cara menerapkan pola hidup sehat dan melakukan perawatan secara rutin baik di rumah maupun ke dokter ahli kecantikan kulit.

Baca Juga :  Hindari Kebiasaan Ini Agar Tidak Mengalami Penuaan Dini
EnglishIndonesian