Makanan Ini Berfungsi Sebagai Pencegah Penuaan Dini - Farmanina

Sejumlah Makanan Ini Berfungsi Sebagai Pencegah Penuaan Dini

Sejumlah Makanan Ini Berfungsi Sebagai Pencegah Penuaan Dini – Kulit cerah. Halus, dan bebas dari kerutan dan keriput adalah idaman semua orang termasuk wanita atapun pria. Akan tetapi, mencegah terjadinya penuaan dini tidak semudah yang kita bayangkan.

Faktor penyebab terjadinya penuaan dini seperti sinar matahari, polusi, dan stres sangat sulit untuk dihindari karena merupakan bagian dari aktivitas dan keseharian kita. Tetapi jangan khawatir, masih ada beberapa cara yang bisah Anda lakukan untuk mencegah terjadinya penuaan dini yakni dengan mengonsumsi makanan sehat berikut.

Makanan Pencegah Penuaan Dini

  1. Teh hijau

Berbeda dengan teh lainnya, menurut ulasan dari Archives of Dermatology menunjukkan bahwa teh hijau mampu memberi sejuta kebaikan untuk kulit. Salah satunya ialah sebagai pencegah penuaan dini.

Daun teh hijau yang dibiarkan tetap segar sebelum dikeringkan tanpa melewati proses fermentasi seperti berbagai jenis teh lainnya mempunyai khasiat yang ampuh sebagai antioksidan. Antioksidan berupa EGCG yang terkandung di dalam teh hijau dapat berperan sebagai zat antiaging sebab mampu mencegah munculnya kerutan di kulit dengan merangsang pergantian sel kulit.

  1. Makanan dengan kadar vitamin E yang tinggi

Paparan sinar ultraviolet yang diyakini sebagai salah satu faktor utama penyebab terjadinya penuaan dini dapat dicegah dengan vitamin E. Radikal bebas pada kulit yang berasal dari sinar ultraviolet mampu merusak lapisan kulit yang menyebabkan terjadinya kerutan dan kerusakan.

Kandungan vitamin E yang terdapat dalam kacang tanah, labu parang, biji bunga matahari, bayam, kacang almon dan taoge mampu menetralkan dan menangkal radikal bebas sehingga dapat mencegah terjadinya penuaan dini. Tidak hanya berperan untuk pencegah penuaan dini, vitamin E juga berperan sebagai pelengkap pengobatan penyakit kulit seperti psoriasis dan jerawat atau acne vulgaris.

  1. Sayur-sayuran hijau
Baca Juga :  Tips Mengatasi Penuaan Dini Untuk Wanita dengan Melalukan Rangkaian Perawatan Kecantikan

Sayuran hijau seperti bayam kaya akan serat dan berbagai jenis vitamin seperti vitamin C, A, E, dan vitamin K. Serat dan semua jenis vitamin tersebut efektif dan mempunyai manfaat yang baik dalam mencegah penuaan dini.

Jika vitamin C berfungsi untuk menjaga keelastisitan kulit dari kolagen, maka vitamin A mampu mencerahkan kulit. Sementara itu, vitamin E mempunyai kandungan antioksidan serta dan vitamin K yang mampu mengatasi peradangan yang terjadi pada kulit.

Sayur-sayuran hijau lain yang mencegah penuaan dini selain bayam di antaranya ialah kangkung, brokoli, kangkung, dan kale.

  1. Buah dengan sumber vitamin C yang lengkap

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa vitamin C memiliki kandungan kolagen yang dapat menjaga elastitas kulits sehingga mencegah terjadinya penuaan dini. Oleh karena itu, kulit normal membutuhkan vitamin C agar merangsang terjadinya produksi kolagen pada kulit.

Anda tidak akan mengalami penuaan dini jika asipan vitamin C Anda tercukupi sebab vitamin C juga dapat menghasilkan antioksidan yang berfungsi untuk melindungi kulit dari bahaya racun sinar ultraviolet. Buah-buahan yang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi di dalamnya antara lain jeruk, nanas, papaya, kiwi, semangka, manga, dan stroberi.

  1. Air putih

Studi membuktikan bahwa penuaan dini rentan terjadi pada seseorang yang sering mengalami dehidrasi. Karena komposisi tubuh kita terdiri dari sekitar 60 hingga 75 persen cairan, sehingga pastikan untuk selalu mencukupi  kadari air di dalam tubuh dengan rajin mengonsumsi air putih setiap harinya.

Selain itu, air putih bisa membantu menjaga kelembapan kulit serta menetralkan toksin dan membantu sel-sel mengambil nutrisi dalam tubuh. Untuk mencukupi kebutuhan cairan di dalam tubuh, dianjurkan untuk mengonsumsi air putih sebanyak 1,5 sampai 2 liter per hari.

Itulah tadi beberapa cara yang dilakukan sebagai pencegah penuaan dini. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Baca Juga :  Makanan Pencegah Penuaan Dini
EnglishIndonesian