4 Cara Mengetes Rambut Sehat atau Tidak Secara Mandiri - Farmanina

4 Cara Mengetes Rambut Sehat atau Tidak Secara Mandiri

Anda harus tahu bagaimana cara mengetes rambut sehat atau tidak. Hal ini perlu dipahami dan dilakukan agar tahu kapan harus menggunakan perawatan. Pasti Anda tahu bahwa masalah rambut bisa membawa dampak buruk pada penampilan jika tidak dirawat sejak awal.

Itu sebabnya banyak orang melakukan perawatan secara rutin ke salon, karena penampilan sangat penting dijaga. Namun ternyata tidak semua orang mau rutin melakukan perawatan untuk rambutnya. Kebanyakan orang hanya merawat rambutnya dengan cara keramas saja.

4 Cara Mengetes Rambut Sehat Atau Tidak Secara Mandiri

Padahal ada banyak cara merawat rambut agar tetap sehat dan berkilau, keramas saja tentu tidak cukup, harus melakukan perawatan lainnya. Sebelum merawat lebih lanjut, cobalah melakukan cara mengetes rambut sehat secara mandiri di rumah untuk mengetahuinya.

Jika benar – benar tidak sehat, Anda harus segera melakukan perawatan lebih banyak, bahkan jika perlu langsung saja pergi ke salon. Masalah ini tidak bisa diremehkan, karena jika sudah rusak hingga parah, dampaknya pada penampilan sangatlah buruk.

Baca Juga :  PRP Treatment Atasi Masalah Penyebab Kebotakan

4 Cara Mengetes Rambut Sehat

Agar tidak ketinggalan atau lupa untuk merawat rambut, Anda harus rutin mengetes apakah rambutnya sehat atau tidak. Lakukan di waktu – waktu luang sebagai bentuk usaha untuk merawat diri dan menjaga penampilan. Inilah cara yang bisa Anda lakukan untuk mengetesnya.

  1. Keramas

Cara pertama adalah dengan keramas. Kegiatan ini biasa dilakukan untuk mencuci rambut, namun sebenarnya dari keramas juga bisa mengetahui apakah rambutnya sehat atau tidak. Yaitu dengan melihat apakah ada kerontokan saat membilas.

Banyak kerontokan merupakan salah satu ciri – ciri kerusakan, itu sebabnya Anda bisa melihat sehat tidaknya dari kegiatan keramas.

  1. Menggunakan air

Cara kedua yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan air. Tidak banyak orang mengetahui cara mengetes rambut sehat atau tidak dengan menggunakan air. Anda harus menyiapkan sebuah wadah atau mangkuk yang sudah terisi dengan air.

Kemudian ambil beberapa helai rambut untuk dimasukkan ke dalam air tersebut. Perhatikan apakah helaian rambutnya tenggelam atau tidak. Jika masih terapung atau tidak tenggelam itu artinya masih sehat, namun jika tenggelam maka ada kerusakan.

  1. Menarik rambut

Anda juga bisa mencoba menarik rambut untuk mengetahui kondisi rambutnya. Memang agak sedikit sakit ketika ditarik, namun hal ini termasuk dalam salah satu cara paling mudah untuk mengetes kesehatan pada rambut.

Namun jangan sampai menarik dengan keras apalagi terlalu keras. Cukup dengan menariknya secara perlahan saja. Jika memang kondisinya sudah rusak, maka pasti rambutnya mudah patah atau mudah tercabut dari kulit kepala.

  1. Melihat ketebalan

Cara mengetes rambut sehat paling mudah lainnya adalah dengan melihat ketebalan rambutnya. Ciri – ciri utama kerusakan adalah kerontokan. Rontok ini menyebabkan ketebalan rambutnya menurun sehingga menjadi cukup tipis.

Baca Juga :  Tips Perawatan Rambut Berwarna, Sehat Tidak Mudah Luntur

Itulah mengapa Anda bisa mengeceknya hanya dengan melihat ketebalan. Gunakan ikat untuk mengikat rambutnya, lalu rasakan dengan tangan atau lihat di kaca apakah setelah diikat tetap terlihat tebal atau tidak.

Jika tidak tebal tentu sudah dipastikan bahwa kondisi rambutnya kurang sehat. Apalagi jika tipisnya sudah terlihat tidak wajar. Anda harus segera melakukan perawatan ekstra jika sudah seperti itu. Mintalah saran bantuan dari salon untuk melakukan perawatan.

Jangan sampai terlambat untuk melakukan perawatan. Meskipun kelihatannya remeh, namun masalah ini bisa berpengaruh pada rasa percaya diri, sehingga sangat perlu diperhatikan dengan baik. Coba lakukan cara mengetes rambut sehat kapan saja Anda merasa luang.